RSS

Membuat Animasi Menggunakan Power Point





Abstrak 

Presentasi merupakan sebuah proses dalam menyampaikan informasi kepada pendengar dengan maksud ingin memperkenalkan suatu produk maupun program kegiatan. Salah satu program yang sering digunakan dalam presentasi adalah Microsoft power point, power point sendiri adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi Microsoft Office. Pada Microsoft Power Point ini ada banyak berbagai efek untuk menampilkan presentasi kita kepada pendengar, salah satunya animasi. Dengan menggunakan animasi, maka hasil presentasi akan jadi lebih menarik. Untuk  itu materi ini akan menjelaskan bagaimana caranya membuat sebuah animasi pada Microsoft powerpoint. 



I. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang.
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap tambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak. Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.
Salah satu program yang dapat menampilkan animasi adalah Microsoft power point. Power point sendiri adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi Microsoft Office. Di dalam Ms power poin ini seseorang dapat membuat animasi sederhana dengan menggunakan tool yang disediakan. Hal ini agar saat kita mempresentasikan sesuatu menggunakan animasi, membuat pendengar lebih tertarik untuk mendengar & melihatnya.

1.2 Tujuan

Tujuan dalam penulisan ini adalah memberikan sebuah tutorial atau langkah-langkah dalam pembuatan animasi sederhana menggunakan Microsoft power poin. Dengan tutorial ini diharapkan memudahkan seseorang dalam membuat animasi, mampu memanfaatkan tool animasi yang disediakan Microsoft power poin, dan membantu mereka yang akan mempresentasikan suatu materi menggunakan animasi.

1.3 Ruang lingkup

Ruang lingkup dari penulisan ini adalah mencakup bagaimana tatacara untuk pembuatan animasi sederhana menggunakan Microsoft power poin.

II. Pembahasan

Salah satu fitur yang digunakan dalam Powerpoint adalah fitur animation atau animasi. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan animasi pada suatu objek tertentu pada suatu slide. Animasi tersebut bisa berupa memunculkan objek, mengganti warna objek, menghilangkan objek, menggerakan objek dan lain-lain. Animasi yang digunakan secara tepat dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik. Berikut langkah-langkah dalam membuat animasi.

1. buat slide baru dengan template blank. Setelah ini, masukan gambar yang akan dijadikan background pada animasi. 
2. menyisipkan sebuah objek atau gambar dengan menggunakan shapes atau photo dengan klik Insert kemudian pilih. 




 3. memberikan animasi pada objek yang akan digerakan. Klik animation, lalu pilih Custom Path. Setelah diklik, maka kita akan bebas menggerakan kemana objek akan berpindah tempat. Setelah selesai, atur durasi pergerakan tersebut agar terlihat sesuai dengan apa yang kita inginkan. 
4.  untuk melihat hasilnya silakan tekan F5 pada keyword Anda untuk melihat hasil animasi berjalan tersebut dan tentunya durasi akan lebih lambat karena sudah disetting waktu gerak untuk objek tersebut.


III. Penutup

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam penulisan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul penulisan ini.
Semoga penulisan ini dapat bermanfaat dan digunakan sebagaimana mestinya, dan jika terdapat kekurangan dalam penyampain penulisan ini mohon dibukakan pintu maaf. Kedepan Penulis akan meningkatkan materi pembuatan animasi yang lebih baik dan penambahan fitur menggunakan power poin.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar