RSS

Kawasan berbahaya Gunung Semeru "BLANK 75"

Berbagi pengalaman teman mengenai Zona Maut Blank 75.
Mencapai puncak mahameru adalah sebuah kebanggaan bagi setiap pendaki. Namun ada baiknya mengenal medan track berpasir saat summit attack terutama saat menuruni puncak, arcopodo - kelik - kalimati.
Bnyk pendaki yg terlena saat menuruni mahameru, krn medan berpasir jd gak begitu bnyk tenaga terkuras, turun serasa meluncur deras. Tapi kewaspadaan & kecermatan memilih jalur sangat dibutuhkan. Biasanya krn antrian pendaki yg mau turun yg mmbuat sebagian mengambil cerukan dinding pasir yg akhirnya membelokkan arah yg seharusnya menuju ke arcopodo malah menuju zona maut Blank 75.


teman pernah berada di posisi itu, dgn deras meluncur cepat menuruni trek berpasir. Namun Allah masih melindungi temanku, feeling mengatakan ada yg berbeda di dpn sana. Perlahan2 aku intip situasi bbrp meter di dpn sana. Alangkah beruntungnya, trnyata aku berada di area Blank 75. Gambaran lokasi jurang yg menganga, siapapun yg gak bs nge-rem pasti bablas masuk jurang itu. Keluar dr area Blank 75 pun diperlukan ekstra perjuangan. Ambil rute kembali ke atas atau membelah bbrpa dinding pasir ke kiri terus. Krn saat turun dr puncak mahameru, posisi area Blank 75 berada di kanan dr jalur yg semestinya.
Waspadalah kawan, konsentrasi dlm menuruni puncak mahameru.




 namun batas vegetasi itu sudah tidak ada karna di telan ganasnya alam semeru, kebanyakan pendaki kemungkinan besar tersesat atau salah jalur ialah saat saat menuruni puncak Mahameru menuju Arcopodo. disana banyak pendaki yang kehilangan arah, sebab medan yang dilalui keadaannya hampir sama berpasir dan berbatu.


Beberapa saran dari saya jika mendaki Gunung Semeru :

  • Sebelum Summit Attack dari Kalimati atau Arcopodo (biasanya pukul 23.00-01.00 tengah malam) pastikan cuacanya cerah tanpa ada kabut sedikit pun. Pastikan langit cerah berbintang. Jika berkabut atau gerimis sedikit urungkan niat untuk menuju puncak. Cuaca Gunung Semeru sulit sekali ditebak sering berubah dengan cepat. 
  • Jika menuju puncak sebaiknya membawa logistik agak sedikit lebih, karena daerah Kalimati-Arcopodo-Puncak merupakan daerah dengan dukungan survival yang minim. Dalam satu kelompok bawalah air satu derigen di satu tas dan makanan yang berkarbohidrat di tas lainnya. Tapi jangan terlalu berat bebannya agar tidak menggangu dalam melangkah di lereng Semeru yang berpasir. 
  • Di mana kita memasuki kawasan puncak maka dari sana kita akan turun lagi. perhatikan dengan benar jangan sampai salah, jika salah fatal akibatnya bisa memasuki Semeru Death Zone (Blank 75). 
  • Usahakan setiap meninggalkan puncak selalu dalam satu kelompok jangan ada rekan yang tercecer.  
  • Jikalau sudah pernah beberapa kali ke Semeru janganlah sesekali menyepelekan. Lebih baik mempelajari trek dan kondisi lapangan lebih lanjut agar kita semakin paham dan dapat membagi pengalaman kepada teman-teman yang baru mulai untuk mendaki. 
  • Jaga konsentrasi dengan baik, perhatikan tiap detail jalur yang dilewati.  
  • Bawalah GPS jika punya. Benda itu sangat membantu sekali buat anda. 
 terima kasih banyak bagi teman-teman sudah menyimak, semoga bisa menjadi ilmu dan menambah keterampilan saat dilapangan supaya lebih waspada pada medan-medan yang ada di Alam bagi kita semua. jika da kesalahan atau kekurangan di mohon minta keritik atau saran-sarannya. SALAM RIMBA !!!

sumber sharing : bang ali

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar