RSS

Membuat Animasi menggunakan Powtoon

ABSTRAK

Bepergian adalah sebuah kegiatan perpindahan tempat yang relatif jauh, biasanya antar kota atau antar benua. Motif seseorang melakukan perjalanan biasanya untuk mencari kesenangan, ketenangan, penjelajahan dan ekplorasi, dan memperluas jaringan social masing – masing individu.
Animasi adalah sebuah proses pembuatan ilusi pergerakan dan ilusi perubahan bentuk dengan cara menampilkan serangkaian gambar berurut secara cepat. Kata Animasi sendiri berasal dari Bahasa Latin yaitu “Anima” yang mempunyai arti jiwa, hidup, semangat. Pembuatan animasi yang paling sederhana adalah dengan menggambar sebuah gambar di beberapa kertas terpisah dengan sedikit membedakan antara kertas pertama dengan kedua, ketiga dan seterusnya. Lembaran – lembaran kertas ini kemudian disusun menjadi satu serangkai dan diperlihatkan dengan cepat sehingga akan terlihat seperti gambar yang bergerak.
Suatu informasi tentang pentingnya manfaat bepergian tentu sangat perlu diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat.  Orang yang jarang bepergian dengan tujuan rekreasi sangat mudah mengalami stress. Maka dari itu penulis ingin memberikan sedikit gambaran tentang manfaat bepergian yang akan dibuat dalam sebuah animasi tentang “5 Keutamaan Bepergian”.



PENDAHULUAN

I.         Latar Belakang

Teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan setiap detik. Berbagai macam perangkat lunak (software) bertebaran dari yang instant sampai yang kompleks dan dari yang gratis sampai yang komersil. Sebuah komunitas pemerhati perangkat lunak seperti “Formulasi” merupakan salah satu faktor yang akan ikut berperan dalam menumbuhkembangkan penggunaan software secara maksimal dengan saling berbagi informasi dan pengetahuan. Hal ini merupakan salah satu alasan yang kuat bahwa manusia harus bisa mengalahkan teknologi, yang berarti ketrampilan kita (bersama) dalam memaksimalkan penggunaan sebuah software lebih diutamakan daripada kemampuan software itu sendiri. Untuk itu seorang guru tidak hanya dituntut selektif dalam memilih software tetapi juga kreatif dalam mengembangkan penggunaannya agar lebih bermanfaat bagi sesama guru dan siswa. Sebatang lidi tentu belum dapat digunakan untuk menyapu bersih, satu software tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan kita dalam pembelajaran di kelas. Seperti halnya software presentasi yang menjadi idola kita yaitu Powerpoint. Sebagai alternatif terdapat juga beberapa software seperti Aura 3d Presentation, Prezi, dan PowToon yang tidak kalah hebatnya. Pada pembuatan animasi ini dengan menggunakan fasilitas dari Powtoon.
Powtoon merupakan Aplikasi untuk membuat video Animasi secara sederhana namun bukan untuk sejenis film, akan tetapi lebih kepada ‘mempresentasikan’ materi dengan cara yang lebih variatif, unik, dan menyenangkan sesuai dengan tingkat imajinasi, daya komunikasi, substansi, kreasi, serta kontemplasi. Video presentasi kelompok kami ini berjudul “5 Keutamaan Bepergian”. Menurut Imam Syafii ada 5 keutamaan dalam bepergian, yaitu melipur duka, memulai penghidupan baru, memperkaya budi, pergaulan yang terpuji, dan yang terakhir meluaskan ilmu.


II.        Tujuan

Artikel ini bertujuan untuk membuat sebuah animasi dengan menggunakan Powtoon sebagai pengganti dari Power Point dan dapat menggunakan Powtoon untuk animasi yang lebih menarik.

III.      Rumusan Masalah

Bagaimana cara membuat animasi dengan menggunkan Powtoon?


ISI

1.      Akses website powtoon di : www.powtoon.com dan lakukan signup jia belum mempunyai account


2.      Misal, Anda pilih template "Sign Up NOW!", maka akan muncul seperti ini. Anda klik "Edit" di kanan bawahnya


3.      Ini tampilan utama aplikasinya, di mana Anda mengedit video sampai finish , berikut adalah langkah – langkah membuat animasinya :

·       Tampilan editing, bagian bawah terdapat tracking untuk mengatur durasi animasi yang digunakan, pojok kiri bawah terdapat tombol pay all & play stage,  bagian kiri terdapat lembaran stage yang tersusun seperti power point, dan di sebeah kanan terdapat banyak tools yang bisa digunakan untuk membuat animasi persentasi


·                    Tampilan yang muncul diatas merupakan pilihan kategori animasi apa yang akan digunakan


·                    Tools layouts merupakan tampilan awal atau pembuka



·                    Tools background merupakan tampilan latar belakang yang akan digunakan untuk membuat animasi



·                    Text digunakan untuk membuat tuisan dalam animasi



·                    Charts adalah piihan karakter animasi, pilihan karakter berpengaruh pada pilihan kategori anmasi atau tema yg diambil



·                    Objects merupakan animasi yang diabuat untuk melengkapi kegiatan karakter yang dimasukan



·                     Specials merupakan fitur tambahan yang menamilkan bnyak karakter langka dan object yang langka dan unik


·         Graphs merupakan tampilan grafik untuk digunakan pada gambaran persentase 


·                    Music untuk menambahkan backsound pada animasi


·                    Images untuk menambahkan gambar padaa karakter atau animasi yang dipilih



Isi dari video :

Bepergian adalah aktifitas menyenangkan yang dapat membuat tubuh dan pikiran rileks kebali, serta mendapatkan pengalaman terbaik dan hidup, sekaligus mengajari anda hal-hal yang tidak pernah anda dapat di ruang kelas.

5 Keutamaan Bepergian :

1. Pelipur duka/lara = tindakan yang dapat mengobati kesedihan yang sedang dialami orang yang sedang galau. Jadi intinya berpergian untuk pelipur lara itu sama aja kyk refreshing otak

2. Memulai penghidupan yg baru = mencari kehidupan yang lebih baik dari pada sebelum-sebelumnya.

3. Memperkaya budi = berpergian juga bisa memperbaiki budi pekerti kita. Mengenal lebih sopan santun kepada orang yang kita lihat pada saat berpergian dan menghormati orang yang lebih tua pada saat bertemu di jalan.

4. Pergaulan yang terpuji = carilah akhlak yang baik dan terpuji dalam pergaulan remaja. Karena masa remaja adalah masa dalam pencarian identitas diri dengan melihat tokoh favorite. Seleksilah tokoh favorite yang baik dan yang salah untuk ditiru

5. Meluaskan ilmu = dengan berpergian pasti kita akan mendapatkan petualangan-petualangan yang baru. Dari hasil petualangan itu akan mendapatkan pelajaran dan ilmu yang baru juga sehingga kita bisa menambah dan meluaskan ilm kita

KESIMPULAN


Kita memang bisa membuat animasi sederhana dengan menggunakan aplikasi Power Point. Power Point telah menyediakan beberapa animasi-animasi lalu kita dapat menjadikan animasi itu menjadi beberapa slide yang digunakan untuk presentasi pekerjaan kantor, kuliah maupun untuk menjelaskan kepada anak-anak. Seiring dengan berkembangnya zaman, kita lebih dipermudah lagi dengan adanya POWTOON. Dengan adanya aplikasi POWTOON, kita dapat membuat sebuah animasi dengan mudah. Tidak hanya dengan membuat animasi saja, melainkan kita dapat mengubah video animasi yang kita buat menjadi power point. Selain merubah menjadi power point kita juga bisa merubah ektensi mp4 menjadi sebuah pdf.

SARAN
Sebagai pembuat video sebaiknya mampu memberikan atau menyampaikan materi yang lebih banyak kepada penonton video dengan kemampuan yang baik. Serta mampu menggunakan beberapa media yang cocok dengan kebutuhan penonton video tersebut, agar lebih mudah dipahami oleh penonton. Pembuat video mampu mengevaluasi kemampuan yang ada pada penonton tersebut melalui memberikan audio lebih untuk membaca kata-kata pada videotersebut dan memberikan hal –hal lainnya melalui bentuk tanya jawab, quiz, diskusi, dan sebagainya.


REFERENSI


https://www.youtube.com/watch?v=GZYF8Kp9Pug (URL untuk video “5 Manfaat Berpergian”)



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar