RSS

RESECTION

 Resection



Prinsip resection adalah menentukan posisi kita dipeta dengan menggunakan dua atau lebih tanda medan yang dikenali. Teknik ini paling tidak membutuhkan dua tanda medan yang terlihat jelas dalam peta dan dapat dibidik pada medan sebenarnya (untuk latihan resection biasanya dilakukan dimedan terbuka seperti kebun teh misalnya, agar tanda medan yang ekstrim terlihat dengan jelas).

Tidak setiap tanda medan harus dibidik, minimal dua, tapi posisinya sudah pasti.
Langkah-langkah melakukan resection:

Lakukan orientasi peta

Cari tanda medan yang mudah dikenali di lapangan dan di peta, minimal 2 buah

Dengan busur dan penggaris, buat salib sumbu pada tanda-tanda medan tersebut (untuk alat tulis paling ideal menggunakan pensil mekanik-B2).

Bidik tanda-tanda medan tersebut dari posisi kita dengan menggunakan kompas bidik. Kompas orienteering dapat digunakan, namun kurang akurat.

Pindahkan sudut back azimuth bidikan yang didapat ke peta dan hitung sudut pelurusnya. Lakukan ini pada setiap tanda medan yang dijadikan sebagai titik acuan.

Perpotongan garis yang ditarik dari sudut-sudut pelurus tersebut adalah posisi kita dipeta.

Intersection

Prinsip intersection adalah menentukan posisi suatu titik (benda) di peta dengan menggunakan dua atau lebih tanda medan yang dikenali di lapangan. Intersection digunakan untuk mengetahui atau memastikan posisi suatu benda yang terlihat dilapangan tetapi sukar untuk dicapai atau tidak diketahui posisinya di peta. Syaratnya, sebelum intersection kita sudah harus yakin terlebih dahulu posisi kita dipeta. Biasanya sebelum intersection, kita sudah melakukan resection terlebih dahulu.

Langkah-langkah melakukan intersection adalah:

Lakukan orientasi peta

Lakukan resection untuk memastikan posisi kita di peta.

Bidik obyek yang kita amati

Pindahkan sudut yang didapat ke dalam peta

Bergerak ke posisi lain dan pastikan posisi tersebut di peta. Lakukan langkah 1-3

Perpotongan garis perpanjangan dari dua sudut yang didapat adalah posisi obyek yang dimaksud.




terima kasih banyak bagi teman-teman sudah menyimak, semoga bisa menjadi ilmu dan menambah keterampilan saat dilapangan supaya lebih waspada pada medan-medan yang ada di Alam bagi kita semua. jika da kesalahan atau kekurangan di mohon minta keritik atau saran-sarannya. SALAM RIMBA !!!

sumber sharing : sogo jongkok

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar